Friday, July 7

The Universalitiy of God

keTuhanan yang Maha Esa
masih ingat itu?

bahwa negara menjamin kemerdekaan tiap2 penduduk untuk memeluk agamanya masing2 dan beribadat menurut agamanya itu? dan kepercayaannya, bahkan.

tapi ternyata idup, dan manusia yang menjalaninya, gak mau sesimpel itu. sesuatu yang seharusnya sederhana, malah jadi ribet ke-mana2.

kepercayaan, agama, jadi suatu hal yang membuat kita, individu per individu, berbeda. dan nilai2 yang dianut dan diajarkan tiap2 agama, yang dipercaya, membuat kita satu sama lain bertentangan.

aku gak suka itu.

kayaknya kita lupa bahwa gimanapun juga, kita melihat pada satu Tuhan. ato hal ini juga merupakan pertentangan? mungkin orang merasa bahwa lain agama / kepercayaan berarti lain Tuhan?

yang aku percaya, Tuhan itu universal. mo pake bahasa apapun, mo dalam keadaan apapun, mo pake jalur manapun, mo percaya agama apapun, mo gak percaya agama juga...cuma ada satu Tuhan di dunia ini.

jadi, kenapa dibuat susah sih?

1 comment:

Anonymous said...

Agak menarik.. Gue pernah denger nama Adam dan Hawa ato Adam and Eve waktu kecil dulu. Katanya mereka ornag pertama yang di ciptakan Tuhan.
Pemikiran gue kalo mereka adalah ciptaan dari 1 Tuhan dan 1 agama, kenapa sekarang malah jadi banyak Tuhan untuk banyak agama?

Mungkin one day kita bisa bahas ini sambil minum kopi ya La.. ;)