Wednesday, February 2

Educated vs uneducated

Kalo kita bicara tentang orang 'terpelajar', hal pertama yang muncul biasanya adalah bahwa orang itu mengecap pendidikan - makan sekolahan. Orang yang makan sekolahan tentunya diharapkan lebih berbudaya daripada yang tidak, karena toh pendidikan gak cuma masalah otak tapi juga (seharusnya) masalah tingkah laku. Lebih luas dari itu, sebetulnya. Tapi okelah, ini dulu: orang berpendidikan seharusnya juga berperilaku berpendidikan.

Tapi kadang2 tidak begitu kejadiannya. Contoh sederhana saja, masalah membuang sampah. Dari kecil di TK, SD, dst, bolak-balik diajarkan di sekolah untuk membuang sampah di tempatnya. Dan tempat sampah yang benar adalah tempat sampah. Bukan kali, bukan sungai, bukan laut, bukan jalanan, bukan trotoar, bukan kendaraan umum. Nyatanya, baru kemarin aku lihat dua anak remaja besar, asumsikan saja mahasiswi dari perguruan tinggi swasta, yang bayar kuliahnya mahal. Dengan lugunya mereka membuang plastik bekas makan gorengan mereka ke trotoar.

Contoh lain, orang-orang cantik wangi cakep bersih di mall kelas atas, yang (oke, asumsi lagi) tentunya hidup dengan standar yang beda dengan orang2 lainnya. Tapi kok ya masih susah banget disuruh antre tenang2 di depan kasir?

Terus juga para pengendara mobil bagus kinclong keluaran baru yang bahkan terkadang CBU. Orang2 itu tentu banyak uangnya kan? Lha wong bisa beli mobil segitu harganya. Di pikiran polos saya, saya pikir orang2 kaya itu berpendidikan. Berbudaya. Gak selalu, ternyata. Mobil2 cakep itu kadang2 tingkah lakunya juga sama saja dengan bis kota, yang supirnya tentu berasal dari dunia yang amat berbeda dari orang2 itu. Kelakuan sama, bungkusnya aja yang beda.

Dan ini gongnya. POLISI.
Udah jelas2 mereka adalah pengemban / penegak hukum. Dan wajibnya mereka juga kan mendidik orang untuk taat peraturan, bersikap tertib, dll? Kenyataannya? Selain peraturan yang gonta-ganti tergantung entah apa (mood? kalender?), mereka sendiri juga gak bisa dijadikan contoh ketertiban.
Daftar 'dosa': naek motor tanpa helm. Motong jalan gak kasih sen dulu. Nerobos lampu merah - padahal gak pasang sirine atau tanda2 'genting' lainnya. Mengendarai mobil tanpa pake seatbelt.

Sudah dulu.

No comments: