Friday, November 18

jars of memories

konon, CLBK diperparah dengan Facebook / BB, yang 'mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat'. FB / BB berlanjut ke kopi darat. kopi darat membuat orang terkenang2 akan masa lalu, yang dipandang dengan mata yang berlensa nostalgi, membuat hasil pandangan kini bukanlah yang kini, tapi kini yang 'jika saja dulu'

aku menyebutnya dengan 'jars of memories'. toples-toples itu (oke, sebelum berlanjut ke masalah inti, untuk kakak2ku.. PLIS... lupakan itu kejadian toples toples toples....)

toples-toples itu, jars of memories, mengawetkan sedemikian rupa ingatan ttg masa dulu, masa muda, saat dunia masih berwarna-warni indah, manis bagai lolipop. di toples yang berisi pameran manisan masa lalu, tentu kita pura-pura lupa bahwa masa lalu juga bisa pahit dan mengenaskan. deretan jars of memories tidak memberi ruang bagi rasa masam, pahit, dan pilu. untuk yang demikian itu, ada 'the dark chest of unpleasantness' - yang dipendam dalam-dalam, jauh dari pusat ingatan, dan dipinggirkan ke kealpaan.

dengan hanya berbekal rasa manis, tentu saja saat kita melihat kenangan itu duduk di hadapan, yang terlihat adalah sosok yang berbalut madu dan bergelimang cahaya redup warna pastel.

CLBK? cuma ilusi. sama bo'ongnya dengan easter bunny.

it's the memory you cherish, not the hard fact that your sweetmeat has turned old, fat (or wiry), and not so dashing anymore.

1 comment:

Anonymous said...

Well said. This is why I'm off FB and other social networks.