Friday, November 4

selingan: oh, bisa bahasa indonesia ya?

numpang lewat. kejadian lucu waktu beberapa waktu lalu mendapat rejeki bisa nginjek tanahnya mr. david cameron, dan ikutan temen ke acara kumpul2 orang endonesa di london.

setelah berkenalan ke kiri ke kanan (dan dengan segera lupa lagi dengan siapa saja gw berkenalan - maklum memoriku bekerja bagaikan lapisan teflon), dan mengudap, minum (yang dilakukan di kebun, mumpung cuaca lagi cerah bersahabat), aku masuk ke dalam rumah lewat pintu belakang, dan langsung berbicara dalam (tentunya) bahasa endonesa ke orang yang sedang ada di situ -yang amat sangat nampak seperti orang endosa juga.

dengan penuh keterkejutan, si mas yang aku ajak ngomong, mengucap: ah, bisa bahasa indonesia ya? sambil setengah mati menahan diri untuk ga pasang expresi yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan sosial (social faux pas), aku bilang: bisa mas, saya orang endosa kok... 'oh..... kirain orang sini'

beberapa bulan sebelumnya juga... pernah ada orang jepang, ketemu di suatu acara bisnis, dan bertanya diriku berasal dari mana. ya aku bilang: saya orang jakarta. 'ah? not from europe?' (okay, i don't think jakarta is near anywhere in europe). senyum manis kukembangkan untuknya.

ya, saya bisa bahasa endonesa. banget! sumpeh!

No comments: